7 Ciri Ciri Mata Katarak

Bagi anda yang tidak ingin memiliki risiko terkena mata katarak, maka sangat penting untuk anda mengetahui 7 ciri ciri mata katarak guna menghindari hal-hal atau dampak buruk akibat penyakit ini.

7 Ciri Ciri Mata Katarak

Namun, sebelum kami memberikan anda informasi mengenai ciri ciri mata katara, terlebih dahulu kami akan memberika anda informasi seputar mata katarak itu sendiri. Simak ulasan berikut ini.

Sekilah Informasi Mengenai Mata Katarak

Katarak merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Siapa saja bisa terkena mata katarak baik laki-laki maupun perumpuan. Katarak adalah penyakit yang menyerang organ mata dan bisa terjadi pada salah satu mata atau keduanya.

Pada umunya mata yang sehat memiliki bagian lensa normal yang bisa menjadi jalan masuknya cahaya ke bagian belakang mata. Namun kondisi ini tidak bisa terjadi untuk penderita mata katarak.

Biasanya penderita mata katarak akan memiliki bagian lensa mata yang lebih buram, sehingga tidak semua cahaya dari luar bisa masuk kebagian belakang mata. Hal tersebutlah yang menyebabkan pandangan mata menjadi kabur dan akan semakin parah bila tidak diobati.

Jenis Penyakit Katarak

  • Katarak Kongnetial

Katarak jenis ini biasanya terjadi pada bayi setelah lahir atau sesaat setelah lahir. Kondisi ini juga bisa berkembang untuk anak-anak hingga remaja. Gejala katarak ini disebabkan karena adanya kelainan kromosom dari orang tua yang menyebabkan katarak kecil yang berkembang menjadi lebih luas dan lebar.

  • Katarak Pada Usia Lanjut

Katarak jenis ini akan menyebabkan orang yang lebih tua tidak bisa melihat dengan jelas. Pada awalnya penderita mata katarak masih bisa melihat dengan bantuan kacamata dan cahaya yang terang.

Namun pada tahap lebih serius mata katarak bisa berkembang lebih cepat dan bisa menyebabkan gangguan penglihatan yang parah.

Proses Pembentukan Mata Katarak

Ciri ciri mata katarak bisa berkembang karena faktor usia. Orang yang sudah lanjut usia memiliki kesempatan lebih basar untuk mengidap penyakit mata ini. Berikut ini ada beberapa proses pembentukan katarak yang disebabkan karena usia, dimana proses tersebut sebagi berikut :

  • Terbentukan Protein Dibagian Lensa Mata

Hal ini bisa menyebabkan mata seperti melihat awan dan kemudian akan menyebabkan jumlah cahaya yang masuh ke retina sedikit atau berkurang. Proses ini bisa berlangsung cepat maupun lambat dengan tingkat kesehatan penderita.

  • Perubahan Pertumbuhan Lensa Mata

Perubahan pertumbuhan lensa akan telihat dari warna lensa mata. Biasanya perubahan warna akan dimulai dari warna hitam, hitam cerah, kuning, coklat dan terus memudar hingga berwarna putih. Jika kondisi ini terus berlanjut maka penderita akan mengalami gangguan penglihatan.

  • Faktor Pnedukung Mata Katarak

Katarak bisa terjadi pada siapa pun tidak memandang status atau pun suku. Pada dasarnya perekmbangan katarak akan terjadi karena beberapa kondisi yang berbeda. Tapi ada beberapa hal yang bisa mendukung mata menjadi katarak, dimana faktor pendukung tersebut sebagai berikut :

  • Seseorang yang menderita penyakit glaukoma
  • Orang yang menderita penyakit diabetes
  • Cedera atau trauma pada bagian mata atau kepala
  • Sering terkena paparan radiasi dari sinar matahari

Pada awalnya mata yang terkena katarak akan terlihat seperti mata normal. Namun ketika beberapa lapisan putih sudah muncul, maka mata katarak akan lebih mudah terlihat. Lapisan-lapisan putih tersebutlah yang menyebabkan mata menjadi katarak. Ingin tahu bagaimana ciri-ciri mata katarak ? simak ulasan berikut ini.

Ciri Ciri Mata Katarak Yang Sering Dialami

  1. Lukisan Pada Mata

Pada awalnya ciri-ciri mata katarak akan terbentuk dalam ukuran yang sangat kecil. Namun pada saat itu pandangan mata akan menjadi kabur. Selain itu lensa mata akan mengalami perubahan warna dan beberapa orang akan melihat lensa mata menjadi tidak fokus.

  1. Lapisan Kuning Atau Coklat

Mata yang terkena katarak akan terlihat lebih kuning atau coklat. Kondisi seperti ini akan menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat dengan jelas pada saat malam hari. Pada saat-saat tertentu mata tidak akan peka terhadapt cahaya lampu. Maka seseorang yang memiliki penyakit mata katarak akan sangat rentan mengalami kecelakaan pada saat megendarai kendaraan di mlam hari.

  1. Mata Silau

Biasanya mata yang terkena katarak tidak akan tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasakan sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu.

  1. Mata Melihat Cincin Disumber Cahaya

Jika mata sudah meilhat banyak cincin disumber cahaya, maka itu adalah salah satu pertanda mata yang akan terkena katarak. Kondisi ini dapat disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin yang berumber dari cahaya ini sendiri.

  1. Pandangan Mata Kabur

Penderita mata katarak biasanya akan merasakan pandangan kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Pada awalnya gejala ini bisa diatasi dengan menggunakan kacamata, tapi cara tersebut tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Pandangan mata akan tetap kabur dan tidak bisa diatasi dengan menggunakan kacamata.

  1. Pandangan Mata Kuning

Ciri ciri mata katarak berikutnya yaitu padangan mata kuning. Beberapa orang yang megalami mata katarak akan melihat tv atau layar komputer mengalami perubahan. Pada dasarnya hali ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa mata menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.

  1. Gambar Menjadi Ganda

Seseorang yang menderita mata katarak akan melihat bahwa semua benda atau objek yang dilihat menjadi dua atau ganda. Kondisi ini bisa terjadi pada bagian lensa mata yang menyebabkan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya.

Hal ini bisa anda lakukan dengan menutup salah satu mata secara bergantian, jika kondisinya tetap sama maka kemungkinan besar itu gejala awal pada mata.

Apakah Katarak Bisa Dicegah ?

Banyak orang yag merasa takut akan terkena mata katarak, mengingat ada banyak jutaan penderita katarak baru yang terus berkembang. Orang-orang yang memiliki risiko terkena katarak, mungkin akan memiliki angka yang cukup besar untuk terkena katarak.

Namun, pada saat ini kalian tidak perlu cemas dan khawatir karena kini sudah ada obat yang mampu mengobati penyakit mata katarak secara alami. Dimana obat yang kami maksud adalah obat mata katarak alami dari Sehat Mata Softgel.

Produk herbal ini di proses dengan menggunakan teknologi yang modren dan cagih sehingga ke asalian dan khasiat yang terkandung di dalam obat ini sangat terjaga. Selain itu obat ini juga terbuat dari 100% bahan alami tanpa menimbulkan efek samping.

Jadi sangat aman untuk dikonsumsi baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain bisa mengobati mata katarak, obat ini juga mampu mengobati masalah atau gangguan mata lainnya seperti mata merah, mata minus dan mata bera dan masih banyak lagi gangguan mata yang bisa diobati dengan menggunakan produk herbal ini.

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Katarak Secara Alami

Nah, itulah informasi mengenai 7 ciri-ciri mata katarak, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini.

Post By : Obat Mata Katarak Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Wajib Anda Tahu !!! 6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Katarak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*